Bagi anda pecinta kuliner mungkin sudah tidak asing lagi mendengar ataupun mencicipi makanan yang satu ini, yaitu Buntil daun talas ataupun singkong. Namun tahukah anda bahwa Buntil merupakan salah satu kuliner khas daerah Banjarnegar, Jawa Tengah yang terkenal dengan es Dawetnya.

Buntil merupakan kuliner yang terbuat dari daun singkong berisi parutan kelapa yang diberi bumbu berupa cairan kuah pedas yang terbuat dari santan. Bahkan saking terkenalnya makanan buntil, konon di daerah Laut Tengah seperti Yunani dan Turki dikenal pula makanan semacam buntil dengan pembungkus daun anggur muda dan diisi dengan nasi, jadi walaupun namaya agak norak ternyata makanan ini juga di kenal di luar negri. Di Banjarnegara, makanan berbahan kelapa muda parut berbungkus daun talas yang terasa lembut dan gurih ini bisa dinikmati di Waroeng Buntil Mbah Abu Jl. Jend Soedirman No.21 Telp.085291828436

Selain Buntil daun talas, Banjarnegara juga memiliki Makanan Buntil dengan berbungkus daun Cekla Cikli yang dijual di Alun – Alun Banjarnegara tiap pagi hari. Setelah anda menikmati pagi hari yg indah di Banjarnegara, anda dapat menikmati sajian Buntil daun Ceklacikli yang lembut dan gurih.

 

(Sumber : Website  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara)