Jika anda merasa jenuh dan ingin jauh dari hiruk pikuknya suasana di kota, tidak ada salahnya jika kita berwisata ke wilayah atas Banjarnegara.
Tapi bukan ke Dieng Lho,… sebab Desa Dawuhan Kecamatan Wanayasa kini juga menawarkan konsep wisata alam yang tidak kalah menariknya.
Dengan pemandangan alam yang memesona khas pegunungan, wisatawan disuguhi suasana sejuk, nyaman dan tenang dengan gemercik suara air yang mengalir deras dari sungai panaraban.
Jika ingin menguji adrenalin, wisatawan juga bisa menikmati wisata minat khusus tubing Delta Dantana di sungai panaraban yang jernih dan sangat menantang, karena berkelok membentang antara Kecamatan Wanayasa dan Kecamatan Pejawaran.

Di area Dawuhan Park juga di bangunnya kolam renang, out bound dan ZePa ( Gazebo Panaraban) yang terletak di pinggir kali Panaraban.
Di area ini, wisatawan dibawa untuk menikmati sensasi panorama alam dan eksotik riuh air Sungai Panaraban sambil menikmati kuliner ala Ndesa seperti sega jagung sega leye, buntil, pecem, sambal gurih dan iwak kempit serta minuman khas Desa Dawuhan yaitu Wedang Dantana.
Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban Supriyanto mengatakan, Obyek Wisata Dawuhan, sangat cocok untuk menikmati liburan akhir pekan atau hari hari biasa.
“Disini wisatawan benar-benar bisa merasakan sensasi berwisata di alam yang sejuk dan segar dengan suasana pedesaan, dan keramahan warga,” kata Supriyanto.
Wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk menginap, karena di komplek wisata ini sudah di siapkan homestay sejumlah 28 buah.
Karena keterbatasan homestay, maka bagi wisatawan yang akan menginap di minta untuk memesan terlebih dahulu agar mendapat pelayanan penginapan.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto mengatakan, Obyek Wisata Dawuhan sangat mudah untuk dikunjungi bagi wisatawan karena lokasinya berada di jalur utama jalan kabupaten.
Bagi wisatawan yang datang dari Pantura, bisa melewati Kecamatan Kalibening menuju Lokasi yang berjarak kurang lebih 15 kilometer.
“Jika dari arah Banjarnegara, maka wisatawan langsung menuju Kecamatan Karangkobar dan menuju ke Desa Dawuhan,” kata Dwi Suryanto.(sb/ahr)