Pos Mati menjadi salah satu tempat yang dikunjungi wisatawan domestik maupun internasional saat berkunjung ke Desa Wisata Giritengah, Magelang.

Menilik sejarahnya, tempat ini merupakan salah satu saksi perjuangan Pangeran Diponegoro untuk turut merebut kemerdekaan. Konon, Pangeran Diponegoro juga menyimpan senjata-senjatanya di sana.

Selain Pos Mati, Puncak Suroloyo menjadi tempat kedua yang nggak kamu lewatkan. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan empat gunung, yakni Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu.

Puncak Suroloyo merupakan puncak dari Gunung Menoreh. Puncak ini dipercaya merupakan pusat titik dari Pulau Jawa, lo. Hm, percayakah kamu?

Selain mengunjungi kedua tempat itu, ada banyak barang yang bisa kamu beli di Desa Giritengah. Desa ini memproduksi aneka kerajinan unik seperti topeng buto, bakul bambu, jaran kepang, dan mebel bambu.

Kamu yang pengin menghias rumahmu dengan nuansa etnik, inilah saat yang tepat untuk memborong produk-produk tersebut.

Usai berbelanja, mampirlah ke Sanggar Seni Ngestigiri. Di sanggar itu, kamu bisa menonton pertunjukan gamelán dan tarian yang dimainkan oleh anak-anak desa. Mereka pandai melakukan pelbagai tarian, lo. Kalau kamu pengin ikut belajar, boleh banget, lo!

Menyenangkan, kan? Pesona Desa Giritengah tentu bisa jadi pilihanmu menenangkan diri dari hiruk-pikuk perkotaan. Siapa tahu di tengah liburanmu di desa ini, kamu malah ketemu jodoh!

 

(Sumber : https:www.inibaru.id)